Translate

Kamis

Unsur-Unsur Kerucut dan Jaring-Jaring Kerucut

Standar Kompetensi:

Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya.

Tujuan Pembelajaran:
  1. Siswa dapat mengenal unsur-unsur kerucut.
  2. Siswa dapat mengenal jaring-jaring kerucut.
  3. Siswa dapat menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan unsur-unsur kerucut.
Tahap I: Orientasi siswa pada masalah
(memberikan pertanyaan seputar materi prsyarat)

Sebelum kita menelusuri unsur-unsur dan jaring-jaring dari sebuah kerucut, mari uji pengetahuan awal dulu ya.. Sekarang lengkapilah titik-titik dibawah ini sehingga menjadi pernyataan yang tepat.

Perhatikan gambar berikut ini:
        
  1. Bangun datar di atas adalah bangun yang dibentuk dari kumpulan titik-titik yang membentuk lengkungan tertutup dimana titik-titik tersebut berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Bangun tersebut dinamakan  ........
  2. Titik O adalah ......... yang terletak di tengah-tengah lingkaran. 
  3. Jika titik O dihubungkan ke titik A atau B maka akan membentuk sebuah garis, garis tersebut dinamakan .........
  4. Jika titik A dihubungkan ke titik B melalui titik O maka akan membentuk sebuah garis lurus. Garis lurus tersebut dinamakan ........
  5. Garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sembarang di lengkungan tersebut disebut .......
  6. Garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran disebut .....
  7. Daerah  dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jai-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran itu disebut .......
  8. Daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur dinamakan ......
( Mulai memperkenalkan bentuk bangun kerucut )
Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita melihat benda-benda di sekitar kita yang berbentuk bangun ruang sisi lengkung seperti kaleng, topi ulang tahun, bola, es krim, dll. Dari benda-benda yang kita jumpai tersebut dapatkah kita membedakan benda-benda yang berbentuk kerucut??
Kerucut adalah bangun ruang sisi lengkung yang menyerupai limas segi-n beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran.
 Nah, coba perhatikan benda-benda berikut ini:
 a. Topi ulang tahun          b. Nasi tumpeng                            c. Es krim
                  

d. Terompet                                  e. Pembatas jalan              f. Topi caping
                        
dan lain-lain

Benda-benda di atas adalah contoh benda yang berbentuk kerucut.

 Tahap II : Mengorganisasikan Siswa dalam belajar
  • Pembentukan kelompok belajar terdiri dari 4-5 orang
  • Strategi yang digunakan adalah dengan diskusi dan tanya jawab dengan metode penemuan terbimbing. 
Tahap III: Membimbing Penyelidikan Individu Maupun Kelompok
( mulai menyelidiki unsur-unsur kerucut dengan memperhatikan gambar dan petunjuk yang diberikan )

Unsur-Unsur Kerucut
Perhatikan gambar  kerucut berikut kemudian diskusikan dengan teman kelompok belajarmu dan lengkapilah tabel berikut:
 
 Rusuk
Sisi
Titik sudut
Ada 1 yaitu ....
Ada......yaitu sisi ... dan sisi ...
        ....
 
Kemudian perhatikan gambar berikut ini dan lengkapilah pertanyaan di bawah:
 
  • Titik O pada bidang alas dinamakan ............ lingkaran yang merupakan titik tertentu yang mempunyai jarak yang sama terhadap semua titik pada lingkaran.
  • Ruas garis OA, OB, OP, dan OQ dinamakan .......... sehingga OA = OB = .... = .....
  • Ruas garis AB dan PQ dinamakan garis tengah atau disebut dengan ......
  • Perhatikan titik T dan O, jika kedua titik tersebut dihubungkan maka membentuk sebuah garis yang dinamakan ..... kerucut atau dinotasikan dengan t.
  • Perhatikan bangun TOQ, garis TQ merupakan ...............
(Mulai menunjukkan cara memperoleh jaring-jaring kerucut)
Jaring-Jaring Kerucut
Melukis jaring-jaring kerucut dapat dilakukan dengan menggunting pada bagian rusuk kerucut. Perhatikan gambar proses pengguntingan berikut:
 
    
Sehingga diperoleh gambar jaring-jaring kerucut:
 
   
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar