Standar Kompetensi:
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya.
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat mengenal unsur-unsur kerucut.
- Siswa dapat mengenal jaring-jaring kerucut.
- Siswa dapat menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan unsur-unsur kerucut.
Tahap I: Orientasi siswa pada masalah
(memberikan pertanyaan seputar materi prsyarat)
Sebelum kita menelusuri unsur-unsur dan jaring-jaring dari sebuah kerucut, mari uji pengetahuan awal dulu ya.. Sekarang lengkapilah titik-titik dibawah ini sehingga menjadi pernyataan yang tepat.
Perhatikan gambar berikut ini:
- Bangun datar di atas adalah bangun yang dibentuk dari kumpulan titik-titik yang membentuk lengkungan tertutup dimana titik-titik tersebut berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Bangun tersebut dinamakan ........
- Titik O adalah ......... yang terletak di tengah-tengah lingkaran.
- Jika titik O dihubungkan ke titik A atau B maka akan membentuk sebuah garis, garis tersebut dinamakan .........
- Jika titik A dihubungkan ke titik B melalui titik O maka akan membentuk sebuah garis lurus. Garis lurus tersebut dinamakan ........
- Garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sembarang di lengkungan tersebut disebut .......
- Garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran disebut .....
- Daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jai-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran itu disebut .......
- Daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur dinamakan ......
( Mulai memperkenalkan bentuk bangun kerucut )
Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita melihat benda-benda di sekitar kita yang berbentuk bangun ruang sisi lengkung seperti kaleng, topi ulang tahun, bola, es krim, dll. Dari benda-benda yang kita jumpai tersebut dapatkah kita membedakan benda-benda yang berbentuk kerucut??
Kerucut adalah bangun ruang sisi lengkung yang menyerupai limas segi-n beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran.
Nah, coba perhatikan benda-benda berikut ini:
a. Topi ulang tahun b. Nasi tumpeng c. Es krim
d. Terompet e. Pembatas jalan f. Topi caping
dan lain-lain
Benda-benda di atas adalah contoh benda yang berbentuk kerucut.
Tahap II : Mengorganisasikan Siswa dalam belajar
- Pembentukan kelompok belajar terdiri dari 4-5 orang
- Strategi yang digunakan adalah dengan diskusi dan tanya jawab dengan metode penemuan terbimbing.
Tahap III: Membimbing Penyelidikan Individu Maupun Kelompok
( mulai menyelidiki unsur-unsur kerucut dengan memperhatikan gambar dan petunjuk yang diberikan )
Unsur-Unsur Kerucut
Perhatikan gambar kerucut berikut kemudian diskusikan dengan teman kelompok belajarmu dan lengkapilah tabel berikut:
Rusuk
|
Sisi
|
Titik sudut
|
Ada 1 yaitu ....
|
Ada......yaitu
sisi ... dan sisi ...
|
Kemudian perhatikan gambar berikut ini dan lengkapilah pertanyaan di bawah:
- Titik O pada bidang alas dinamakan ............ lingkaran yang merupakan titik tertentu yang mempunyai jarak yang sama terhadap semua titik pada lingkaran.
- Ruas garis OA, OB, OP, dan OQ dinamakan .......... sehingga OA = OB = .... = .....
- Ruas garis AB dan PQ dinamakan garis tengah atau disebut dengan ......
- Perhatikan titik T dan O, jika kedua titik tersebut dihubungkan maka membentuk sebuah garis yang dinamakan ..... kerucut atau dinotasikan dengan t.
- Perhatikan bangun TOQ, garis TQ merupakan ...............
Jaring-Jaring Kerucut
Melukis jaring-jaring kerucut dapat dilakukan dengan menggunting pada
bagian rusuk kerucut. Perhatikan gambar proses pengguntingan berikut:
Sehingga diperoleh gambar jaring-jaring kerucut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar